Minggu, 02 Desember 2012

Tips Lari Pagi / Jogging



 
Jogging adalah olahraga mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Asalkan dilaksanakan dengan baik dan benar, tentu akan memberikan hasil yang baik bagi kesehatan tubuh.Jogging merupakan olahraga yang mempunyai  manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita, tetapi jika tidak melakukannya dengan benar, maka resiko cedera akan besar. Tips sebelum melakukan lari pagi atau jogging yaitu :
1. Pemanasan Dan Peregangan
Sebelum berlari ataupun jogging, untuk pertama, lakukan pemanasan dan lakukan dengan santai. Jangan berjalan dengan kecepatan maksimal, jangan berhenti tiba-tiba. Saat akan berhenti, kurangi kecepatan secara perlahan. Mulailah dengan perlahan, dan akhiri pula secara perlahan-lahan agar otot Anda tidak kaku. Lakukan peregangan otot untuk mendinginkan kondisi tubuh yang panas. 

2. Alas Kaki Yang Tepat
Ketika Anda berolahraga  seperti berlari atau jogging, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah alas kaki. Pastikan Anda mengenakan sepatu dan kaus kaki. Idealnya, gunakan sepatu lari yang cocok, pas, dan nyaman terpasang di kaki Anda, dan gantilah sepatu Anda bila sudah mulai rusak. 

3. Perhatikan Track Jogging Dengan Baik
Pastikan Anda memperhatikan rute dan kondisi track jogging agar terhindar dari cedera akibat tersandung dan lainnya. Jauhkan diri dari tanjakan yang curam, permukaan berbatu, atau yang memiliki banyak hambatan seperti kendaraan dan lainnya.

1 komentar:

  1. salam kenal ...
    Terima kasih ya atas saran nya.. bisa dicoba ..
    kalau soal kaos kaki ya datang saja ke kaos kaki wanita murah disana koleksinya lengkap kok dan bisa pilih sepuasnya

    BalasHapus