Selasa, 08 April 2014

Laporan Keuangan Konsolidasi



Ringkasan Catatan
Pengertian Laporan Keuangan Konsolidasi
Laporan yang menyajikan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang terdiri dari induk perusahaan dan beberapa anak perusahaan dalam satu perusahaan.
Tujuan Laporan Keuangan Konsolidasi:
-          Memberikan gambaran yang obyektif sesuai dengan keseluruhan posisi.
Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi:
-          Memberikan gambaran yang jelas.
-          Memberikan informasi terkini bagi manajemen induk.
-          Untuk kepentingan pihak lain.
Proses laporan bisa menjadi tidak baik, apabila:
-          Kinerja anggota perusahaan yang tidak baik akan tertutupi.
-          Rasio keuangan tidak mencerminkan rasio keuangan perusahaan.
-          Tidak lengkapnya catatan laporan keuangan perusahaan individu.
Metode – Metode Laporan Keuangan Konsolidasi yang digunakan, terdiri dari 2 yaitu:
-          Konsolidasi dengan Metode Ekuitas (Equity Method)
Perubahan – perubahan yang terjadi didalam perubahan modal pada perusahaan anak harus diakui dan dicatat.
-          Konsolidasi dengan Metode Biaya (Cost Method)
metode biaya yang diakui sebagai pendapatan oleh perusahaan induk adalah hanya jika perusahaan anak membagikan deviden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar